Week#2: Mempersiapkan Hari Tua atau Masa Pensiun

Angka harapan hidup manusia semakin meningkat dari masa ke masa, hal itu memiliki implikasi positif maupun negatif. Salah satu potensi permasalahan dari meningkatnya angka harapan hidup tersebut adalah bagaimana cara memenuhi kebutuhan hidup setelah pensiun karena rata-rata seseorang pensiun di umur 55 tahun, sedangkang angka harapan hidup lebih tinggi daripada itu. Permasalahan tersebut menjadi salah satu alasan pentingnya merencanakan hari tua atau masa pensiun agar bisa menjalani hari tua dengan nyaman.

Untuk mempersiapkan hari tua setelah pensiun dengan baik, pertama-tama kita perlu menentukan tujuan saat hari tua; maksudnya setelah pensiun nanti kita ingin melakukan aktivitas apa saja. Mungkin ada keinginan setelah pensiun ingin travelling karena punya banyak waktu luang, atau mungkin ingin tinggal di desa sambil bertani. Jadi tentukan tujuan untuk menjalani hari tua dari sekarang agar bisa mempersiapkan segala kebutuhan pendukungnya.

Persiapan yang tidak kalah penting untuk diantisipasi adalah asuransi kesehatan karena pada hari tua umumnya kondisi tubuh sudah menurun jadi potensi untuk sakit atau mengalami gangguan kesehatan cukup tinggi. Selain untuk kebaikan diri sendiri, mempersiapkan asuransi kesehatan dari sekarang juga dapat menurunkan potensi untuk merepotkan keluarga atau orang terkasih.

Dalam mempersiapkan hari tua atau masa pensiun tentunya tidak hanya memikirkan tentang diri sendiri saja, kita juga perlu untuk melakukan perencanaan waris sebagai bentuk rasa sayang kepada anak atau orang yang kita kasihi.

#Myskill #Amanda