Week#2: Konsep Dasar Akuntansi

Akuntansi adalah suatu proses dalam melakukan pencatatan transaksi keuangan pada suatu bisnis. Sebenarnya, akuntansi memiliki banyak bentuk, namun ada 2 jenis akuntansi yang umum digunakan dalam suatu perusahaan, yaitu akuntansi keuangan dan akuntansi manajerial. Untuk jenis akuntansi yang pertama atau akuntansi keuangan merupakan proses pencatatan transaksi keuangan yang nantinya akan digunakan untuk menyusun laporan keuangan. Sedangkan jenis akuntansi yang kedua atau akuntansi manajemen adalah sistem akuntansi yang mengelola lebih lanjut laporan keuangan yang telah disusun dengan tujuan untuk menganbil kebijakan, pengendalian, atau forecasting yang berguna bagi pihak internal perusahaan.

Akuntansi menggunakan sistem double entry sehingga setiap transaksi keuangan akan dicatat ke dalam dua buah akun yang saling berpasangan. Sebagai contoh, transaksi pembayaran utang perusahaan akan dicatat pada pasangan akun kas (-) dan akun liabilitas (-) Double entry memiliki 2 buah kutub yang dipisahkan oleh tanda sama dengan (=) Kutub yang berada di sisi kiri bernama Debet, sedangkan kutub yang berada di sisi kanan tanda sama dengan (=) bernama Kredit. Setiap akun yang ada dalam akuntansi memiliki normal balance atau saldo normal yang mengacu pada kutub debit atau kredit.

Setiap akun di dalam akuntansi dapat dikelompokkan menjadi 3 bagian besar, yaitu Aktiva/Aset, Liabilitas, dan Ekuitas. Hubungan dari ketiga bagian tersebut dapat digambarkan menjadi sebuah persamaan matematis berikut:

Aset = Liabilitas + Ekuitas

Hubungan antara Aktiva/Aset, Liabilitas, dan Ekuitas seperti yang tersaji di atas memiliki sebutan, Persamaan Dasar Akuntansi atau Basic Accounting Equation.

#Myskill #Nuriyatul