Week#1: Berkenalan dengan Hutang

Seringkali, utang dianggap sesuatu yang buruk dan harus dihindari. Apa benar begitu? untuk mengetahuinya kita perlu mengenal lebih lanjut mengenai utang.

Utang terdiri dari 2 jenis, yaitu: utang produktif, dan utang konsumtif. Jenis utang yang pertama atau utang produktif merupakan utang yang dapat menambah potensi penghasilan karena jenis hutang ini dapat menjadi laverage (pengungkit) usaha/bisnis yang sedang dijalankan. Jenis hutang yang kedua atau utang konsumtif adalah hutang yang dilakukan untuk membeli barang-barang yang dikomsumsi/digunakan secara pribadi sehingga utang jenis ini dapat membebani keuangan jika dilakukan dengan ceroboh.

Bila kita sudah terlanjur memiliki hutang yang menumpuk, bagaimana cara efektif untuk melunasinya? Ada 2 metode yang dapat digunakan untuk melunasi lunasi hutang, yaitu: metode avalache dan metode snowball. Seperti namanya, metode avalache (salju longsor) melunasi hutang dengan membayar hutang yang besar dahulu, sedangkan metode snowball (bola salju) melunasi hutang dengan membayar hutang yang terkecil dahulu.

Cara mengelola hutang supaya keuangan kita tetap sehat, yaitu

  • 1) Pastikan debt service ratio maksimal 35%
  • 2) Pastikan debt to asset ratio maksimal 50%
  • 3) Debt resolution rule, yaitu melunasi hutang (selain KPR) setiap periode 3 tahun.
  • 4) Jangan berhutang yang bersifat konsumtif dan barang yang dibeli nilainya cepat terdepresiasi.

#Myskill #Amanda