Week#1: Mengenal Tentang Uang

 Mindset atau pola pikir seseorang mengenai uang sangat dipengaruhi oleh lingkungannya. Bila lingkungan kita menganggap bahwa uang adalah sumber kejahatan, maka saat seseorang bekerja keras untuk mendapatkan uang yang lebih banyak, dia akan merasa buruk. Padahal uang bersifat netral, pengguna uang lah yang memberi makna dan memakai uang tersebut untuk hal yang baik atau buruk. Jadi, kita perlu meluruskan pemahaman mengenai uang agar dapat mengelola uang dengan maksimal.

Dalam menjalani kehidupan, seringkali kita menghadapi risiko yang tak terduga. Untuk mengantisipasi hal tersebut supaya tidak berdampak fatal terutama pada aspek finansial, kita perlu memiliki dana darurat. Besarnya dana darurat yang mesti disiapkan bergantung pada berbagai macam hal seperti umur, fase hidup, penghasilan, gaya hidup, dan lainnya. Dana darurat meski disimpan pada instrumen keuangan yang mudah dicairkan atau likuid supaya bila dibutuhkan sewaktu-waktu bisa digunakan.

Untuk mengelola uang dengan baik, kita perlu melakukan beberapa hal sebagai berikut:

  • Mencatat pemasukan dan pengeluaran.
  • Mengatur budget mingguan
  • Tentukan prioritas bulanan.
  • Menambah penghasilan dengan side hustle.
  • Menghemat pengeluaran dengan mempertimbangkan alternatif lain.
  • Lakukan secara konsisten dan disiplin.

Jadi, kita perlu memiliki mindset tentang uang yang tepat agar bisa mengelola keuangan dengan baik. Dana darurat perlu dipersiapkan untuk berjaga-jaga dalam menghadapi risiko kehidupan yang tak terduga. Cara mengelola keuangan dengan baik dapat dilakukan dengan melakukan pencatatan untuk tahu kondisi keuangan saat ini, melakukan budgeting, dan memaksimalkan pemasukkan dan memperhatikan pengeluaran.

#MySkill #Amanda