Week#1: Personal Finance Fundamental

Pada zaman modern ini segala sesuatu membutuhkan uang, namun jumlah uang yang kita miliki terbatas sedangkan keinginan kita hampir tak terbatas. Hal itu yang mendasari kenapa kita perlu untuk mengatur keuangan agar kita dapat memenuhi kebutuhan dengan baik meskipun uang yang dimiliki terbatas.

Untuk mengatur keuangan dengan baik kita perlu mengetahui tentang finansial planning atau perencanaan keuangan. Menurut FPSB Indonesia, finansial planning adalah proses mencapai tujuan hidup melalui manajemen keuangan yang terintegrasi dan terencana.

Semua orang perlu menguasai finansial planning karena diri kita sendiri lah yang benar-benar mengetahui kebutuhan dan tujuan hidup yang ingin dicapai. Financial planning dapat digunakan sebagai alat (tool) yang dapat membantu untuk mencapai tujuan keuangan dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Untuk melakukan financial planning ada beberapa lngkah yang perlu dilakukan, antara lain:

1) tentukan tujuan keuangan

Horizon waktu dari tujuan yang akan dibuat bisa dalam jangka pendek atau jangka panjang. Pastikan tujuan tersebut memenuhi unsur SMART atau Specific, Measurable, Attainable, Relevant, dan Time-bound.

2) kumpulkan data yang relevan

Data yang perlu dikumpulkan mengenai kondisi keuangan saat ini, seperti jumlah penghasilan, pengeluaran rutin, hutang dan lainnya.

3) analisis data

Dari data yang dikumpulkan dapat dicari benang merah dan buat kesimpulannya.

4) buat strategi untuk mencapai target

Pertimbangkan kembali apakah tujuan keuangan yang telah kita buat dapat kita capai dengan kondisi keuangan kita saat ini dan bagaimana cara mencapainya.

5) terapkan rencana

Implementasi rencana yang telah dibuat. 

6) monitor rencana

Saat penerapan rencana perlu dilakukan monitor untuk mengevalusi progressnya dan menyesuaikan kembali strategi jika diperlukan.

Dapat ditarik kesimpulan bahwa financial planning atau perencanan keuangan adalah alat (tool) yang dapat membantu untuk mencapai tujuan keuangan secara realistis dengan mempertimbangkan kondisi keungan saat ini.

#MySkill #Amanda