Langsung ke konten utama

Pengalaman Samsat di Tabanan

Tukar pengalaman bayar pajak motor saya di kantor Samsat Tabanan, Bali. Sebenarnya telat pajak motor saya pada tanggal 15 April 2017, tetapi berhubung hari itu bertepatan dengan hari raya Kuningan maka kantor Samsat Tabanan TUTUP. Daripada di denda karena telat bayar maka saya bayar pajak lebih awal.
Loket Pengambilan Formulir 



Ok deh, yuk mulai ceritanya.
Pada tanggal 11 April 2017 jam 07.30 WITA saya sudah dikantor Samsat Tabanan dan ternyata operasionalnya dimulai jam 08.00 WITA. Duh..kepagian datangnya... Jam 08.00 tepat seorang petugas membawa sekotak nomor yang dilengkapi tali seperti ID Card. Saya ikut berebut nomer tersebut, dengan menitipkan SIM C saya kepada petugas tersebut. Saya mendapatkan nomor 29, yah dapat antrian banyak neh. Eh ternyata itu bukan nomer antrian, lega rasanya.

Pelayanan bayar pajak motor ternyata dilantai dua, kalau tahun 2016 masih di lantai satu untuk pendaftarannya. Mekanisme pelayanan dengan mendaftar diloket pendaftaran di lantai dua, tepatnya di sebelah kanan ruang tunggu. Serahkan semua data-datanya disitu seperti fotokopi STNK, BPKB (keterangan jika BPKB di gadaikan), dan tentunya siapkan duit untuk bayar pajaknya. Setelah itu keloket sebelah kiri ruang tunggu, akan diberikan nomer antrian pembayaran. Dan saya alhamdulillah dapat nomer antrian A.14. Setelah itu berkasnya kita serahkan kembali ke loket pendaftaran awal tadi. Tunggulah dengan sabar, sambil dengarkan pengumuman panggilan antrian ya. Kalau perlu sebelum berangkat sarapan dahulu biar tidak lemes waktu nunggu giliran.
Ruang Tunggu Antrian

Setiap panggilan nomer antrian saya dengarkan dengan seksama, dari A.1 - A 11. Tiba-tiba nomer antrian A.15 dipanggil, wah duh saya kok belum dipanggil. Kemudian saya mencoba menanyakan petugas loket, ternyata berkas saya belum sampai keloket. Akhirnya jam 09.00 tepat giliran saya saya dipanggil untuk bayar pajak motor Scoopy tahun 2014 sebesar Rp. 231.000,- naik Rp.30.000,- dari tahun lalu. Saya bayar dengan uang pas biar lebih gampang. Kemudaian saya diminta menunggu untuk tahap pengambilan STNK baru, selang 15 menit nomer antrian saya dipanggil. Dan tara...STNK saya sudah selesai diproses.

Jika disimpulkan penanganan pembayaran perpanjangan pajak sepeda motor memakan waktu 1 jam 15 menit. Kalau melihat di slogan yang ditempel didinding lama proses perpanjangan hanya 15 menit. Yah ini saran saja buat bapak dan ibu petugas samsat Tabanan, anatara lain sebagai berikut:

  1. Waktu operasional jam 08.00 tepat sebaiknya sudah dimulai, realitanya 08.15 loket pendaftaran mulai dibuka. Petugas masih ngopi-ngopi cantik dan ada yang belum datang.
  2. Efisiensi waktu penyampaian atau pengumpulan berkas bisa dipersingkat dengan langsung mengambil print out nomer antrian oleh pembayar pajak. Jangan bolak balik dari loket pendaftaran ke loket nomer antrian, balik lagi ke loket pendaftaran.
  3. Petunjuk / tatacara / alur pembayaran belum jelas. Sebaiknya diberikan petunjuk berupa tulisan alur pembayaran agar peserta tidak kebingungan.
Selebihnya saya berterima kasih kepada para petugas kantor Samsat Tabanan, waktu pelayanan pengurusan yang lamanya 1 jam 15 menit sudah cukup bagus. Alangkah baiknya lebih dipersingkat lagi. 

Demikian pengalaman saya membayar pajak motor saya di kantor Samsat Tabanan tanpa menggunakan jasa "CALO". Bayar sendiri lebih baik, nimati proses dan alurnya. 
Jangan lupa bayar pajak motor anda setiap tahunnya, jangan sampai lewat jatuh tempo ya.

Terima kasih atas waktu dan perhatiannya, silahkan share, atau baca tulisan saya yang lainnya.


Postingan populer dari blog ini

Pengalaman buat SIM A di Polres Tabanan, Bali

Pengalaman buat SIM A di Polres Tabanan, Bali 
Sebenarnya SIM A saya sudah almarhum dua tahun lalu, ups.. Jadi selama itu saya pakai mobil tidak pernah menggunakan SIM A. Alhamdulillah tidak terkena RAZIA, hehe.. Ternyata buat SIM baru tidak serumit yang saya bayangkan. SIM A saya dulu masih alamat Jateng, dan saat ini sudah menetap 5 tahun di Bali. Sekedar info saya, jika kita punya SIM tetapi beda alamat di KTP maka SIM tersebut tidak bisa diperpanjang ditempat sesuai dengan alamat KTP dan sebaliknya. Jadi harus buat SIM baru baik SIM yang masih berlaku atau sudah kadaluarsa. Hari selasa kemaren saya coba daftar untuk buar SIM A, saya ikuti prosedurnya dari awal sampai akhir. Mulai dari tes psikologi (Rp. 60rb), tes kesehatan (Rp.25rb), tes tertulis dan tes praktek serta biaya cetak SIM A (Rp. 120rb)..
Tips sebelum membuat SIM:
1. Persiapkan fisik dan mental
2. Siapkan anggaran biaya
3. Makan dulu sebelum berangkat
4. Bawa air minum, soalnya nunggunya lama
5. Foto copy KTP 2 buah
6. …

Cara Cek Keaslian Windows 10

Cara Cek Keaslian Windows 10 Ok kembali lagi dengan tips anas.my.id, untuk kali ini kita akan membahas tentang cara mengecek keaslian dari windows 10, kenapa kita membahas cara mengecek windows 10 asli atau tidak? karena microsoft mengratiskan upgrade ke windows 10 bagi pengguna windows 7 dan windows 8.1 yang menggunakan lisensi aktif dan kita perlu cek lagi apakah windows kalian asli atau tidak setelah proses update ini, langsung saja kita buktikan sistem operasi di komputer / laptop kalian asli atau tidak:
Buka Command Prompt Ya kalian bisa membuka command prompt kalian dengan beberapa cara yaitu :
Langkah yang pertama kalian dapat membuka cmd secara manual dengan klik Start menu >> All Apps --> Cari folder Windows System --> kalian tinggal cari command prompt di folder itu, tapi ingat kits harus membukanya dengan di Run As Administrator terlebih dahulu. Cara kedua dengan pencarian yang sudah di sediakan di windows 10 (cortana)Cara ketiga ini cukup m…